Galaunya si Bunda

Posted: January 27, 2014 in Falfal

Bok… bok… bok…

Anak gw bulan depan udah mo mpasi aja. Kayanya baru kemaren gw lahiran. Malah belom sempet cerita soal lahiran pulak. Postingan terakhir soal hamil, eh tau2 skg mo MPASI. Hehehe, dirapel sajalah ya…

Jadi si dedek akhirnya nongol di dunia ini pas tanggal 21 Agustus 2013. Udah ditunggu2 dari awal bulan loh. Walo dokternya udah ngasih tau kalo hpl-nya akhir bulan, tetep aja emaknya berharap si dedek bisa lahiran pas momen lebaran ato 17an. Tapi, ternyata si dedek memilih momennya sendiri.

21 Agustus yg tadinya hanya sekedar tanggal lain di kalender, berubah jadi spesial karena si dedek, FALISHA ALTAFIA PUTRI (kemudian kita sebut ‘Falfal’) lahir sehat dan sempurna. Beratnya 3,4 kg dg panjang 47 cm. Secara normal.

Proses kelahirannya bisa dibilang ‘lumayan’. LUMAYAN cepet karena proses mules2nya dimulai pukul 12 malam, jam 6 pagi terdeteksi bukaan 1, dan brojol jam setengah sebelasan. LUMAYAN ribet karena setelah Falfal lahir, ternyata ari2 gw nempel dan sulit keluar. Jadi, tangan si bidan mesti masuk2 ke rahim gw untuk ngebersihin si ari2 (Silakan dibayangin!). Dan oleh karena itu, gw dpt jahitan yg LUMAYAN banyak. Soalnya, pas gw tanya berapa jahitan, si bidan ga mau jawab. Hmmm…

Trus beberapa hari setelah lahiran, setelah euforia kebahagian gw sebagai ibu baru, barulah muncul masalah2 yang berawal dari pola makan gw yang jelek banget pas hamil. Dimulai dari ASI gw yg ga keluar2, sampe2 si Falfal ngamuk gara2 kelaperan. Alhasil, dikasihlah sufor buat memenuhi kebutuhan susu dia. Abis itu mulai deh gw dicekokin vitamin perangsang ASI, dijejalin daun katuk tiap hari, diracikin jamu dan berbagai usaha dilakukan supaya ASI gw keluar seperti mengompres payudara dan pijat payudara. Tapi, ga ada hasil.

Setelah 2 minggu dan 400 gr susu formula, baru deh ada tanda2 ASI. Tapi cuman netes doang. Huhuhuhu, sedih rasanya. Gara2 bunda-nya teledor, Falfal jadi gagal S1 ASI Eksklusif. Maafin bunda ya, Nak!

Apa masalahnya berenti sampe situ? Enggak.

1 bulan setelah lahir, Falfal ditimbang pas jadwalnya imunisasi. Kita semua kaget pas berat badannya ga nambah sama sekali. Padahal harusnya, bayi normal itu penambahan bb nya pas trimester awal bisa 1 kg per bulan. Hiks!

Penampakan fisiknya juga kuruuuuuus banget. Awalnya, gw sm sekali ga khawatir krn Falfal kenceng banget nyusu-nya. Tapi pas udah nimbang, baru deh gw parno. Mulailah gw google. Nemu artikel tentang alergi susu sapi pada bayi. Omaigot! Ciri2 fisiknya sama banget kaya kondisi Falfal.

Astagfirullah!!!

Buru2 kami bawa dia periksa ke dokter spesialis anak. Dan jeng..jeng..jeng.. prediksi gw terbukti. Falfal emang alergi susu sapi. Haish.

Sekarang, usia Falfal udah 5 bulan lebih 6 hari. Beratnya udah 6,2 kg. Anaknya udah ceria dan ga rewel lagi kaya dulu. Dan, mau tau rahasia terbesar gw? GW SAYANG BANGET SAMA DIA!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s