Kenapa harus baik-baik di kantor?

Posted: December 5, 2012 in Serius

Ini postingan setengah curhat, setengah buat motivasi diri, setengahnya lagi murni karena iseng *lah, jadinya satu setengah dong…*

Berhubung gw anak statistik yg kuliah di jurusan statistik dan kerja di kantor statistik, ga afdol rasanya kalo blog gw isinya ga ada itung2an statistik. Oleh karena itu, mari kita itung2an.

*) Perhatian: Akan ada banyak asumsi digunakan untuk itung2an ini.

Itungan Tahap Satu:

Pertama kali gw jadi pegawai, walaupun masih magang, adalah di akhir tahun 2007 pasca lulus2an kuliah. Waktu itu umur gw masih 21 tahun (dengan asumsi penggunaan konsep dan definisi umur menurut BPS, pembulatan ke bawah berdasarkan ultah terakhir). Sekarang gw udah 5 tahun kerja di umur gw yg ke 26 tahun. Itu artinya gw masih punya waktu 30 tahun lagi untuk berstatus sebagai pegawai kantoran (dengan asumsi umur pensiun pegawai adalah 56 tahun dan gw panjang umur *AMIEN* serta gw ga ngambil pensiun dini atau resign).

Itungan Tahap Dua:

Jam kerja normal pegawai dimulai dari pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB dengan waktu istirahat mulai pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB untuk hari Senin-Kamis. Dan dimulai pukul 08.00 WIB – 16.30 WIB dengan waktu istirahat mulai pukul 11.30 WIB – 13.00 WIB untuk hari Jumat. Dengan rata2 jam kerja perhari adalah 7,5 jam dan jumlah hari kerja dalam seminggu adalah 5 hari.

Itungan Tahap Tiga:

Dalam 1 tahun rata2 kita punya 365 hari. Dikurangi hari sabtu (52), minggu (52), hari libur lain (14) dan cuti tahunan (12, dengan asumsi semua jatah cuti dalam 1 tahun diambil), diperoleh hari kerja efektif sebanyak 235 hari.

Itungan Tahap Empat:

Dalam 1 tahun rata2 kita punya 365 hari. Dengan jumlah jam dalam 1 hari adalah 24. Jadi dlm 1 tahun kita punya  8760 jam.

Kesimpulan 1:

Liat Itungan Tahap Satu, Dua dan Tiga… Sisa jam kerja efektif gw sampai pensiun  adalah 30 tahun x 235 hari x 7,5 jam = 52875

Kesimpulan 2:

Liat Itungan Tahap Empat… Jumlah jam yg gw miliki sampai pensiun (dengan asumsi, gw panjang umur *AMIEN*) adalah 30 tahun x 365 hari x 24 jam = 262800 jam

20, 11% jam dalam hidup kita sampai masa pensiun akan kita habiskan di kantor.

Gimana tuh rasanya menghabiskan waktu 52875 jam di kantor kalo kamu dibenci sama seisi kantor?

Sedikit editan disini dari postingan sebelumnya…

Kesimpulan 3:

Dengan asumsi waktu tidur kita rata2 adalah 8 jam sehari, maka Jumlah jam efektif (selain untuk kerja dan tidur) yg gw miliki sampai pensiun (dengan asumsi, gw panjang umur *AMIEN*) adalah 30 tahun x 365 hari x (24 – 7,5 – 8) jam = 93075 jam

Liat angka Kesimpulan 1 dan Kesimpulan 2, perbandingan waktu kerja dan jam efektif gw hampir 1:2

Yah, semoga itungan2 ini bisa jadi alasan bagus kenapa kita harus baik2 di kantor. Etapi, maksut ‘baik2’ di sini bukan jilat sana-sini yak!

**) Mohon koreksi jika ada itungan ato logika penulis yg salah. Maklum, namanya juga manusia #excuse🙂

Comments
  1. reana says:

    love this post!
    hi hi lama tak berkunjung…🙂

Leave a Reply

