Terima kasih teknologi!!!

Posted: July 30, 2012 in Cuma Curhat

Siapapun ilmuwan yg sudah menemukan berbagai teknologi canggih di bidang informasi dan komunikasi, gw ngucapin terima kasih yg ga terhingga buat kalian. Tanpa teknologi, entah seperti apa rasanya harus memendam kangen gw ini.

Lah, kenapa gw jadi melo2 nge-pink lebay gini siy?

Harap maklum yak. Kalo udah masuk bulan Ramadhan, entah kenapa rasa galau akibat kangen rumah itu jadi nauzubillah nyesek-nya. Padahal udah hampir 8 tahun gw jadi anak kos yg dengan terpaksa harus menjalani ibadah puasa jauh dari rumah. Harusnya siy udah terbiasa. Tapi ternyata enggak😦 . Mungkin ntar kalo gw udah punya rumah sendiri, penyakit ini baru bisa terobati #kodebanget

Trus kenapa gw tetep kangen berpuasa di rumah? Karena tetep aja nikmatnya berpuasa di rumah itu ga tergantikan. Suasana masak2 menyambut buka puasa, ke masjid rame2 buat tarawih, ribetnya ngebangunin sahur (iya, gw paling susah bangun sahur. hehehe.), trus diajarin berbagai macam kegiatan kewanitaan sama mbah, nonton bola sama kakung, dibawelin sama mamah dan hal2 remeh lainnya yg gw lakuin bareng adek2 gw. Itu semua ga bisa tergantikan. Itu semua ga ada di mana2. Cuman ada di Bandar Lampung *mewek*

Dan seperti tahun2 sebelumnya, sindrom kangen ini mulai menyerang gw seminggu menjelang puasa. Karena pada saat itu, salah satu adek gw udah menikmati liburannya di rumah. Yang 2 lagi akan segera menyusul pada pertengahan bulan ramadhan. Sementara gw, cuti-pun belum gw ajukan. Tapi, mau di acc ato enggak, gw tetep mudik (sayah pegawai nakal, Sodara-sodara. Mohon jangan dicontoh). Karena mudik pas lebaran itu adalah ritual wajib bagi para perantau!

Yah, karena gw ga bisa memaksakan diri untuk kabur balik ke rumah sekarang dan menikmati sebulan lebih sedikit di rumah, makanya gw curhat di sini tentang betapa beruntungnya gw yg hidup di jaman teknologi maju seperti sekarang.

Kangen denger suara keluarga gw, tinggal nelpon. Nanyain kabar tapi pulsa terbatas, bisa sms. Mau ngeliat muka nyebelin dan ngangenin adek2 gw *kirim jitak virtual sayang super buat ririn, pipit, eca*, tinggal video call-an ato via video chat. Pengen pamer kemesraan, ada berbagai socmed buat menampungnya. Tingal pilih.

Mari kita coba flashback sedikit…

Bayangin kalo hari ini masih sama dengan jamannya mamah gw gede dulu. Kalo kangen cuman bisa disalurkan dengan nulis diary ato kalo kangennya udah parah, si mamah kirim surat yang nyampe-nya sekitar seminggu kemudian. Udah keburu basi di jalan deh kangennya. Padahal dulu si mamah kirim surat buat mbah yg cuman beda kabupaten doang dan masih dalam 1 provinsi. Gimana kalo nasibnya kaya gw dan adek2 gw yg udah beda provinsi sama keluarga kami ini?

Agak ke sini dikit, udah ada telpon rumah yang buat masangnya itu mesti ngantri dulu dan bayar lumayan mahal. Trus pas jaman2 gw smp, ada pager. Nah, soal pager sendiri, gw blm sempet merasakan gimana rasanya pake pager. Karena pas pager ini populer, masih terlalu dini buat gw untuk bergaul dengan teknologi yg satu ini. Tapi katanya siy ribet yak. Mesti nelpon operator dulu buat si pengirim pesan untuk menyampaikan pesannya dan si penerima pesan juga mesti nelpon operator untuk mendengarkan pesannya. Yah, ada si operator yg jadi penghubung yg ngebuat jalur komunikasi ini jadi ga asik.

Trus kesinian dikit, pas gw sma, baru deh ponsel mulai populer. Bentuknya masih gede n berat. Harga kartu perdana masih ratusan ribu dan banyak kuis di radio yg hadiahnya kartu pedana (yg pada saat itu merupakan hadiah yg wah banget). Gw termasuk banci kuis yg aktif tapi baru sekali menangin kartu perdana, sisanya cuman dapet kaos.

Nah, pada saat ini teknologi chatting melalui mIRc mulai berkembang. Ngobrol sama orang via komputer PC di sekolah ato warnet, rasanya gaul abis. Pas kelas komputer, disempet2in deh buat chatting. Ga dengerin materi (sayah anak sekolahan yang nakal, Sodara-sodara. Mohon jangan dicontoh). Pas jaman ini, gw baru kenalan sama yg namanya email. Email pertama gw buat di lovemail.com dengan username nama lengkap gw. Yak, nama gw yang sepanjang kereta api itu jadi alamat email pertama gw: apriyanti_kusumawardhani@lovemail.com. Dan gw lupa password-nya apaan.

Dan kemudian ponsel pun mulai menciut, disusul dengan munculnya berbagai fasilitas chatting canggih yg ga cuman bisa dinikmatin via PC tapi juga bisa diakses melalui ponsel. Misalnya ajah Migg 33. Hayoooh ngaku, sapa ajah yang punya akun di sini? *ngacung*

Baru deh masuk ke jaman socmed. Socmed pertama yg gw kenal adalah friendster trus ada facebook, plurk, twitter, path apalagi yak? Nah trus aplikasi chatting juga makin banyak. Ada Yahoo Messenger, Line, Whatsapp, Blackberry Messenger, dkk. Yah, you name it-lah!

Intinya siy, dengan sekian banyak media untuk berkomunikasi, dengan sekian banyak wifi bertebaran di mana2, dengan sekian banyak BTS dibangun, berkomunikasi jadi lebih mudah, kangen2an juga jadi lebih gampang.

Terima kasih teknologi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s