Si yummy di Bandung

Posted: March 7, 2012 in review

Udah lama banget gw pengen ngebahas soal makanan. Yoi, makanan adalah salah satu alasan gw berkunjung ke tempat tertentu. Ga sahih rasanya kalo kita dateng ke tempat baru tp ga nyobain makanan khas daerah tersebut. Walaupun kadang makanan itu adalah jenis yg ga gw sukain, tp pasti akan gw paksa sukain demi sensasi nyicipin makanan khas daerah. Yg penting, kalo ada yg nanya ‘udah pernah makan (masukan nama makanan khas daerah tertentu ke sini)?’, gw bisa jawab ‘UDAH’ dengan nada bangga. Hahaha, ujung2nya teuteup pamer.

Tapi ga asal makanan khas daerah juga loh. Pastiin dulu makanan itu halal. Kalo berkunjung ke daerah yg mayoritas penduduknya Islam siy kayanya ga perlu khawatir2 amat sama kualitas ke-halal-an makanannya. Yang berabe itu kalo berkunjung ke daerah non-muslim. Niatnya pengen nyobain makanan khas, tp apa daya kalo makanan-nya dicampur sake atau daging babi. Luntur deh niat mo makannya. Takut dosa. Terpaksa balik lagi ke nasi padang ato ujung2nya McD. Sambil baca “Bismillah”.

Buat postingan kali ini, gw mo fokus ngebahas makanan khas daerah Bandung. Ceritanya kan pas liburan imlek bulan Januari kemaren, kami dapet ijin lumayan lama. Akhirnya setelah menimbang sedemikian sehingga plus adanya pihak2 kompor dr kantor kabupaten sebelah yg jalan2 ke Bandung-Jakarta di waktu yg sama, kami memutuskan untuk menjadikan Bandung sbg daerah tujuan liburan kali ini.

Beikut ini catatan kecil gw soal makanan Bandung, cekidot:

1. Tahu Gejrot



Liat deh tampilannya. Seger banget kan? Gw beli ini di abang2 pinggir jalan sekitaran cihampelas. Gw pikir ini makanan khas Bandung asli. Taunya setelah gw googling, ini makanan Cirebon. Yah, deket2lah. Harganya cuman 5 ribu rupiah doang. Tapi rasanya itu loh. Bneran enak! Padahal cuman tahu goreng dipotong2, disiram kuah ulekan cabe, gula merah, petis dan ada bumbu rahasia kali ye.

2. Batagor

Sapa siy yg ga kenal Batagor? Kalo ada yg belom kenal, kenalan dulu gih. Ini makanan udah terkenal ampun2an enaknya. Karena kami niatnya mo nyobain jajanan pasar, akhirnya hunting batagor di gasibu. Harganya 2000 perak seporsi. Disajikan pake kantong plastik transparan gitu (ngerti kan maksud gw?). Tapi rasanya biasa aja. Yah, maklum 2000 perak gitu loh. Alhasil, krn ga puas dg batagor yg ini, gw beli lagi batagor di bandara. Seporsi 20 ribu dan enak bo! Wajar siy, harganya aja 10x lebih mahal. Kebangetan kalo ga enak.

3. Peuyeum

Tiap ke Bandung, orang2 pasti nitip oleh2 peuyeum. Yang kadang2 diplesetkan menjadi peuyeum-puan (perempuan maksutnya). Yah, emang siy, makhluk2 Bandung emang terkenal good looking. Ups, fokus woy! Okeh, jadi balik lagi ke peuyeum, sebenernya makanan ini bisa ditemuin dimana2 di Bandung. Kunjungin aja spot yg sering jadi tujuan wisata, pasti ada deh si peuyeum. Kami ketemunya di Cihampelas. Beli secukupnya aja buat icip2, 3 ribu rupiah. Dan ternyata dapet banyak sodara2. Rasanya juga ga mengecewakan. Lembut, manis, enak deh.

4. Cireng

Cireng itu nama panggilan dari aci digoreng. Gambar di atas gw ambil dari hasil gugling. Soalnya kami lupa poto sangking kelaperannya. Tapi cireng yg kami makan di Bandung emang kaya gini tampilannya. Beda sama tampilan cireng yg gw tau selama ini. Cireng yg ini lebih gendut, isinya juga macem2. Ada yg isi bakso, keju, ayam, daging. Favorit gw yg rasa keju. Lupa harga per porsi-nya. Yg jelas kami nemu cireng ini di warung pinggir jalan menuju saung mang udjo. Enak!

5. Cimol

Tampilan yg ini juga hasil gugling. Aslinya yg kami beli di gasibu seharga 3 ribu rupiah, ga secantik ini. Tapi rasanya lumayan mengobati kangen gw sama makanan ini. Yg bikin sedap itu bumbu bubuk halus taburan warna kuning kemerahan di atas si bulat2 putih.

6. Mie Lidi

Ini jajanan jaman SD gw dulu. Lidi-lidian. Ada pilihan rasanya, yg pedes n yg asin. harganya 1000 per bungkus. Enyak enyak enyak. Nemu di gasibu juga. Ga tau siy ini makanan khas Bandung apa enggak. Hehehe.

7. Seblak Basah

Gw baru nemu makanan ini pas di Bandung kemaren. Namanya aneh banget. Katanya terbuat dari kerupuk yg dikeringin trus diolah kaya mie. Ga kebayang siy proses ngolahnya. Rasanya rempah2 banget. Buat pecinta rempah2, makanan ini gw rekomendasikan banget. Banyak ditemukan di Bandung kok.

8. Moci

Nah, ini dia makanan khas Jawa Barat favorit gw. Kenyal2 empuk gitu. Makanan yang berbentuk bulat dan terbuat dari tepung ketan ini sebenarnya berasal dari Jepang. Isinya macem2, tapi seringnya siy ketemu yg rasa kacang tanah. Tapi kemaren pernah dibawain temen yg rasa bluberi. Enyak juga!

9. Es Krim Durian

Sebenernya gw pencinta es krim banget banget. Tapi karena ada durian-nya, makanya gw taro makanan ini di paling bawah. Hmmm, mo komen apa ya? Takutnya ga objektif niy resensinya. Ya udah deh, ga usah bahas rasa. Harganya 5000 rupiah. Gw nemu siy di pinggir jalan cihampelas.

Yak, sekian dulu resensi makanan yummy dari gw. Lain kali gw bahas makanan khas daerah yg pernah gw kunjungi. Sapa tau abis ini ada yg tertarik ngerekrut gw jd pemandu acara wisata jalan2 atau wisata kuliner *ngarep asli*

Comments

Leave a Reply

