Lembur? Harus yah?

Posted: October 31, 2011 in Cuma Curhat

Pas gw dulu masih jadi anak magang di kantor pusat, gw ga pernah diminta untuk bekerja di luar jam kerja normal. Tiap Senin-Jum’at dari jam 8 pagi sampe 4 sore. Entah krn gw dkk msh dianggap sbg anak bawang ato mungkin krn emang kebijakan org pusat yg meniadakan ‘lembur’.

Begitu nyampe kantor provinsi, gw terpaksa hrs berpisah sama jam kerja normal dan mulai diperkenalkan sama yg namanya lembur. Rasa2nya selama setahun itu, gw beneran 365 hari masuk kantor. Pegi pagi, jam 8 teng! sampe jam 10 malem. Pernah suatu hari, krn solidaritas, gw ikut2an lembur sampe pagi. Dan akhirnya ga kuat, jadi drop sakit deh. Abis itu gw ga pernah maksain lagi pulang pagi. Kapok.

Dan sekarang, pas udah resmi jadi pegawai kabupaten, kebijakan lembur ini udah ga seheboh pas di provinsi dulu. Mungkin krn letak kantor kami yg msh di pelosok, jd khawatir juga kalo hrs pulang kantor lebih dr magrib. Yeah, gw bersyukur bgt dg kenyataan ini. Walau kadang sekali2 gw dituntut juga untuk masuk kantor di hari libur. Kejadian sekali2 yg bikin gondok bgt.

Gimana ga gondok kalo stlh gw renungkan penyebab ‘lembur’ di kabupaten ini adalah krn kerjaan yg keteter dan ga selesai tepat jadwal. Knp coba bisa ada kerjaan yg keteter gini? Yah, krn ada beberapa gelintir org yg males2an, yg rutinitas kantornya cuman dateng setor muka jam 10an, trus ngerokok, baca koran, ngopi, ngedumel, ngeluh, pulang makan siang dan ga balik2 lagi.

Hah!!! gara2 org kaya gitu gw mesti lembur? Maap2 aje ye, gw menolak utk menghambur2kan tenaga gw buat menutupi kesalahan org2 semacam itu. Mendingan gw manjain diri, luluran, creambath, jalan2, ngerumpi or doing nothing drpd ke kantor di hari bukan jam kantor. NO WAY.

Kecuali kantor kebakaran, ada hal2 urgent bgt, presiden mo dtg, ato semua pegawai diwajibkan lembur, gw menolak keras kebijakan lembur!

Biarin, terserah deh kalo gw dinilai tidak profesional. Mendingan gw dpt cap “tdk profesional’ drpd gw hrs mengorbankan waktu pribadi gw buat kantor. Yeah, gw juga pny waktu pribadi. Jangan kira gara2 gw single dan keluarga gw ga da di sini, wajar2 aja kalo kalian mengambil jatah libur gw.

Leave a Reply

