Petualangan Ninja Hattori: Air Terjun Tanpa Nama, Kecamatan Batang Gansal, Indragiri Hulu

Posted: October 5, 2011 in Yuks, Jalan!

Masih inget sama soundtrack-nya anime Ninja Hattori? Kalo ga inget, gw coba nyanyiin deh, “… mendaki gunung, lewati lembah. Sungai mengalir indah ke samudera. Bersama teman, bertualang…”

Nah, perjalanan kami yang berikut ini sesuai bgt sama penggalan lirik soundtrack itu. Bener2 mendaki gunung, lewati lembah. Perjalanan paling sulit yg pernah gw alamin sampai saat ini. Butuh pengorbanan bgt, demi pemandangan indah, nuansa alami hutan dan kesegaran air terjun. Yup, sulit tp puas!

Sebelumnya, gw udah pernah posting juga ttg air terjun di kecamatan Batang Gansal. Bedanya, kalo di postingan sebelumnya, air terjun yg kami kunjungi adalah air terjun di kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) yang sudah dikelola oleh Pemda. Sementara yg ini adalah air terjun yg masih alami, blm sempet dilirik oleh Pemda atau pihak manapun untuk dijadikan tempat wisata resmi Kabupaten Indragiri Hulu. Letaknya dipelosok Desa Rantau langsat. Bener2 di dalam hutan.

Kami dapat info ttg keberadaan air terjun ini dari warga setempat yg kebetulan kerja paruh waktu di kantor kami. Dan kemudian, pada suatu hari si orang tidak beruntung ini kami culik untuk dijadikan tour guide menuju tempat air terjun ini.

Penjelajahan hutan, lihat jalan setapaknya. Yg paling belakang adl si org tak beruntung yg kami culik itu.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, mulanya kami harus menempuh perjalanan darat dg menggunakan mobil/motor dari ibukota kabupaten sekitar 2 jam-an menuju Desa Rantau langsat. Setelah itu dilanjutkan dg berjalan kaki sekitar 1jam-an untuk mencapai air terjun pertama. Yeah, air terjun-nya memang bertingkat2.

Ini air terjun pertama, kecil siy. Tp air-nya tetep terjun.

Setelah puas berbasah2an, si tour guide kembali memimpin kami untuk menuju ke tempat eksotis selanjutnya. Jalan yg kami lalui bisa dibilang makin lama semakin sulit. Gw aja sampe milih ngelepas sepatu n nyeker ayam dari pada ntar kepleset.

Menuju air terjun 2

Dan taraaaaa, air terjun yg ke-2 ini jauh lebih ‘wah’ dari air terjun yg pertama. Air-nya seger banget. Jernih. Kami bahkan meminum air tersebut karena stok air mineral yg kami bawa sudah habis di tengah perjalanan. Alhamdulillah, kami tidak sakit perut atau semacamnya.

Bergaya dg background air terjun 2 yg ‘wah’ itu

Di sini adalah tempat pemberhentian yg paling lama. Puas2in basah2an, poto2, sekalian makan bekal yg ngomong2 kami masak sendiri loh *pamer*

Lanjut, kita langsung menuju ke air terjun 3. Tampilannya ga jauh beda sama air terjun 1. Cuman medan menuju ke sana yg udah mulai ga manusiawi. Di sini gw bahkan sudah memohon2 kepada anggota rombongan untuk berhenti sebentar dan beristirahat, pdhal kami baru aja jalan 15 menitan tp rasanya udah jalan 1jam aja. Gile, kalo inget kata2 permohonan gw waktu itu, malu rasanya.

Tampilan air terjun ke-3, beserta para cowok sbg model

Lihat deh tingkah para cowok yg lucu2 itu. Mereka sampe rebutan buat uji nyali terjun dari ketinggian yg lumayan bikin deg2an. Gw dan si ambar siy cuman berani poto2 n maen2 aer doang di kolam bawahnya.

Tempat terahir yg kami kunjungi utk menutup petualang kami hari itu adalah jembatan gantung. Asli ini jembatan bikin parno. Tiap kali ada orang atau motor yg lewat, jembatannya jadi goyang2 ga karu2an. Gw selalu memegang erat tali pengamannya selama gw ada di atas jembatan kayu ini.

Lihat, betapa berani-nya pose si Tegar yg nangkring di pinggir jembatan.

Dan, inilah grup petualangan Ninja Hattori itu. Terimakasih teman2kyu, petualangannya bener2 LUAR BIASA, belom ada tandingan cape-nya sampe sekarang!

Grup Ninja Hattori

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s