Spooky-nya Kuburan

Posted: September 9, 2011 in Yuks, Jalan!

Sebelum ceritanya masuk ke topik yg sebenernya, gw kasih info tambahan sedikit ya. Gw sama sekali bukan pecinta dunia horor. Gw paling anti nonton ato dnger crita horor. Kalo ada yg maksa2 pengen nraktir gw nonton pelem horor walaupun diiming2i kata ‘ditraktir’, pasti bakalan langsung gw tolak abis2an. Pdahal bagi gw, nolak traktiran sama aja kaya nolak rejeki. Tp kalo urusannya udah nyangkut sama yg horor2, gw akan buat pengecualian.

Tp entah kenapa, gw selalu punya ‘minat’ khusus utk poto di depan kuburan. Bukan berarti tiap kali gw nemu kuburan, gw jd pengen poto ya. Cuman kuburan2 tertentu aja kok, yg ‘lucu’ atau punya makna tertentu.

Misalnya, makam suku Talang Mamak yang ada di pedalaman Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu ini. Jujur aja, sejak awal gw emang dah punya minat tersendiri dg suku ini. Suku terasing gitu loh. Hal yg cuman gw temuin di kelas2 ilmu sosial. Pasti asik bgt kalo gw bisa menyaksikan scr live ttg gmn kehidupan mreka. Apalagi pas gw dpr informasi dr narasumber terpercaya ttg ritual2 tradisional mereka seperti pernikahan adat mereka dan cara penghormatan mereka thd orang yg meninggal.

makam keramat Suku Talang Mamak

Krn tema-nya ttg kuburan, makanya gw mo ngupas ttg gimana kuburan2 suku Talang Mamak ini. Mayoritas penduduk suku ini menganut kepercayaan animisme, jadinya mereka percaya kalo roh2 orang yg sudah meninggal itu akan menjadi pelindung suku. Selain itu mereka juga percaya ttg adanya kehidupan stlh kematian. Jadi, udah jadi tradisi masyarakat suku ini untuk menguburkan orang yg meninggal bersamaan dg barang2 kesayangan si org tsb. Ga aneh kalo di kuburan yg berbentuk rumah2 kecil ini, nantinya akan ditemukan perangkat makan minum atau ayunan anak bayi (krn yg meninggal adl anak kecil).

Percaya atau enggak, katanya pernah ada kejadian roh org yg meninggal ini berkeliling mengetuk pintu rumah penduduk pd malam hari. Stl di selidiki oleh ‘org pintar’ setempat, si roh ini meminta agar barang bawaannya ikut dimakamkan bersama jasadnya. Spooky huh!

Wisata kuburan gw yg terahir adalah 1 th yg lalu, pas petualangan transit ke Batam. Di situ kami menyempatkan untuk mampir ke Camp pengungsian Vietnam di Pulau Galang. Gw jadi makin semangat begitu tahu kalo di tempat ini juga ada kuburan dari para pengungsi gitu. Areal pemakaman ini dikasih nama Ngha Trang Grave. Di sini, dimakamkan 503 pengungsi Vietnam yang meninggal karena berbagai penyakit yang mereka derita selama berlayar berbulan-bulan di laut lepas. Selain itu, depresi mental membuat kondisi fisik mereka semakin lemah. Kini, hampir setiap tahun banyak sanak keluarga dari yang meninggal ini datang ke Pulau Galang untuk berziarah (sumber: http://travel.kompas.com)

makam pengungsi vietnam

Salah satu tmen gw yg ikutan wisata ini, menolak ikutan berpoto di makam atau di gedung2 tua lainnya yg ada di camp pengungsian ini. Bgitu ngeliat penampakan aslinya, emang spooky bgt siy. Efek magisnya kerasa bgt. Mungkin krn bangunan2 di tempat ini dibiarkan sesuai keadaan aslinya. Kayanya gw ga bakalah mau deh kalo disuruh berkunjung ke tempat ini di malam hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s