Beauty is Pain

Posted: September 8, 2011 in Cuma Curhat

Quote yg ini gw contek dr slh satu tmen gw, Memy Irwan. Dia penggagas filsafah ini dan akhirnya kami adopsi jadi ‘penyemangat’ kami untuk tampil cantik. Hehe.

Yang namanya cewe itu emang makhluk super ribet. Sbg cewe, gw akui itu dg blak2an. Pikirin deh, mulai dari ujung rambut sampe ujung kaki, semuanya nuntut minta diperhatiin. Rambutnya mesti di gimanain buat acara hari ini? Pake jepit kupu2 atau di konde cepol ala korea? Kalo yg berjilbab, bingung mo pake jilbab warna apa? Yg matching sm bajunya ato mo maen tabrak2 warna? Trus msh ada ritual make up segala. Belum lagi nyari baju, sepatu, tas dan aksesori tetek bengek lainnya. Panteslah cowo2 suka males kalo harus nungguin cewe2 dandan. Ritualnya itu loh, bisa makan waktu lamaaaaaaa.

Gw sendiri sebenernya bukan tipe cewe dandan. Sampe saat ini gw bahkan blm bisa make up (pengen kursus suatu hr nanti). Padahal dr kecil, gw udah kenalan sm alat2 make up loh. Pertama kali gw bermake up adl wkt gw umur 7 th-an. Pas jadi pager ayu-nya nikahan bule gw. Dari situ gw rajin dirias krn gw ikutan dlm kelompok tari modern yg menuntut kami utk pake kostum dan make up yg sesuai. Itu sampe lulus SD.

Abis itu, kayanya gw ga make up2 lagi sampe temen kuliah gw ngasih ultimatum. Gara2 kesel sm ke-tidak-cewe-an gw. Dia bilang, kalo gw udah lulus kuliah tp ga bs tampil layaknya cewe, dy bakal nyita komik2 gw. Walau gw ga yakin apa dy bneran serius sm ancemannya tp kata2 dy itu bikin ketar/i juga. Alhasil, seminggu sblm gw mulai magang di kantor pusat, dia bela2in bolos kuliah cuma buat nemenin gw soping nyari peralatan kewanitaan yg sesuai buat gw. Itulah kali pertama stlh sekian lama gw bersua lagi dg make up.

Tmen gw ini maksa gw beli bedak cewe dewasa (ngikut istilah yg dia pake waktu itu), lipstik, pelembab, krim siang+malam, dan maskara.  Kepeduliannya yg ngebuat gw terharu ga berhenti sampe pemborosan benda2 muka aja (utk ukuran kantong anak yg br lulus kul dan blm pny gaji sendiri, benda2 itu sgt mahal sodara2). Dia juga narik2 gw masuk ke toko tas buat milihin tas tangan cewe buat ngegantiin tas selempang anak SMA ijo favorit gw. Keluar dr situ, kami lanjut milih2 sepatu. Stlh berdebat cukup alot, pilihan ahirnya jatuh ke sepatu hitam formal dg hak 5 cm yg msh kurang tinggi mnurut si teman. Trahir kami milih outfit kantoran yg sesuai.

Itu adl kali pertama gw menyadari takdir gw sbg cewe serta keribetan yg menyertainya. Tp di balik semua keribetan itu, semuanya sepadan kok. Make up yg ribet itu, bikin kita tambah cantik. Pilihan baju cewe yg banyak itu ngebuat kita jd lbh mudah berekspresi. Pake dress kalo mo lbh feminim, pake jeans ples kaos kalo mo santai, pake blazer kalo mo kliatan dewasa. Bayangin pilihan baju cowo yg cuma itu2 doang! Hmm, kasian ya mereka. Haha.

Masih ada lagi yg pngen gw omongin ttg perlengkapan cewe, high heels. Dulu, gw sempet ga habis pikir sama kelakuan cewek2 dewasa di tipi dan di sekitar gw yg bela2in make sepatu high heels kemana2. Bahkan ga jarang mereka hrs berlari2 dg sepatu itu juga. Tp skg, seiring dg pengalaman gw ber-high heels, pandangan gw itu berubah. Pake high heels kelamaan memang bikin kaki ga nyaman, semahal apapun sepatu yg kita beli, tp itu worth it kok. Krn high heels bgs bgt buat nge-boosting rasa pede kita. Gw pribadi ngerasa kalo bunyi ‘tak tuk’ tiap kali heels-nya bersentuhan dg lantai, bisa sgt mengintimidasi. High heels adl aksesoris wajib gw kalo pngen kelihatan superior dan dihormati.

Beauty is pain. Kalo mo keliatan cantik, maka hrs rela utk berkorban. Walau begitu, tetep jangan lupa kalo cantik itu adalah dg menjadi diri sendiri.

PS. Utk si teman, Fitri Hayati. Maskara yg waktu itu kita beli, ahirnya mencapai masa kadaluwarsa-nya dan sampai skg gw blm mahir menggunakan benda itu. Msh menyiksa spt dulu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s