Pengisi Wiken

Posted: August 15, 2011 in review

Kalo ngomongin pengarang buku favorit, gw punya byk. Tergantung genre bukunya. Genre novel cinta2an beraura pink, ada Meg Cabot. Kalo genre detektif gw suka J.D. Robb. Trus ada James Patterson dan Neil Gaiman kalo dari Sci-fi. Ato John Grisham dr jenis yg lbh serius. Kalo dari negri sendiri, gw suka Dewie Sekar dan Ilana Tan, keduanya pengarang novel romantis. Utk novel lokal bergenre lain, gw blm nemu yg ngena di hati. Ada rekomendasi?

Biasanya gw selalu setia ngikutin buku2 baru dr pengarang2 yg gw sebutin di atas. Makanya, rak buku gw penuh sama buku2 karangan mereka. Tp ga jarang juga siy, ada buku2 dr pengarang lain nyempil di antara koleksi gw. Biasanya gw beli buku di luar kebiasaan ini gara2 rekomendasi tmen, ato buku ini emang lagi nge-hits bgt, ato gw naksir sama cover-nya.

Hehe, pepatah ‘dont judge a book by its cover’ kayanya ga ngaruh deh buat gw. Soalnya gw tipe org yg ‘kalo gw suka, gw ambil’. Menurut gw, cover buku justru adl slh satu poin penting yg menarik seseorg utk membeli buku. Ga jarang gw nyesel dg penipuan cover buku yg menarik tp isi biasa aja. Walau gitu, sampe skg, entah kenapa, gw msh ga kapok dg prinsip belanja buku gw yg salah ini.

Nah, kemaren, pas iseng ngliatin koleksi buku, tnyta ada 1 buku yg msh dibungkus rapi. Gw lupa kpn beli ini buku. Judulnya Bad Kitty karangan Michele Jaffe. Nama pengarangnya ga familiar buat gw. Tp cover bukunya emang bagus siy. Pink, ada gambar kucing yg mukanya gede gara2 diliat pake luv. Lucu.

sampul yg menggoda itu

Buku ini langsung gw tamatin dlm 1 hari. Kesimpulannya: Isinya sesuai dg covernya yg menarik (kalo ga menarik, ga mungkin gw selesein dlm 1 hr). Gaya bahasanya asik. Walau genre-nya detektif yg serius, tp si pengarang bisa memaparkannya dg santai. Novel ini pake sudut pandang org pertama. Jadi si tokoh utama, yg anak SMA, menceritakan kisah ini dr sudut pandang dirinya sendiri. Dia menggambarkan dirinya sbg org biasa yg ga populer, ga cantik, dan ga punya kelebihan apa2 bahkan terkesan ceroboh shg pembaca cenderung menganggap kalo dia bukan org penting di cerita ini. Pdhal justru dia yg punya nalar paling tajam sbg seorg detektif *ihiy, spoiler niy!*

Poin penting lainnya dr novel ini adl footer2 di bagian bawah yg ga biasa, berisi percakapan ga penting antara para tokohnya, yg kadang2 ga ada hubungannya dg jalan cerita tp tetap bikin penasaran jadi mau ga mau, dibaca jg.

Udah gitu, ada beberapa pelajaran kehidupan yg dirangkum scr apik oleh pengarangnya. Berikut bbrp pelajaran kehidupan dr Jasmine Callihan si tokoh utama yg gw ambil dr novel ini:

Pelajaran Kecil ke-10 dalam Kehidupan: Kekerasan bukanlah jawaban masalah.

Pelajaran Kecil ke-33 dalam Kehidupan: Pada saat kau berpikir bahwa keadaan sudah tidak bisa lebih buruk lagi, saat itulah dia menjadi lebih buruk lagi.

Pelajaran Kecil ke-57 dalam Kehidupan: Bersiaplah untuk menerima kejutan-kejutan, karena jika tidak, kau mungkin saja bertindak bodoh dan menghancurkan sisa hidupmu.

Yak, itulah review singkat dari gw ttg buku ini. Dan agaknya, setelah ini gw bakalan hunting buku2-nya Michele Jaffe.

Intinya, buku ini Master Card bgt!

(Ngikutin gaya bahasa buku ini. Slogan Master Card adl priceless. Jadi maksutnya, buku ini tak ternilai harganya.)

Leave a Reply

