Kalo udah gede mo jadi apa?

Posted: August 11, 2011 in Cuma Curhat

Kenal sama Susan dan Ria Enes kan? Kalo kalian satu angkatan sama gw, pasti kenal-lah ya. Inget lagunya yg ‘Susan. Susan.Susan, kalo gede mau jadi apa’? Gw ga tau judul lagu ini. Tp yg jelas, lagu inilah yg udah jadi bahan perenungan gw sampe nulis kaya ginian segala.

Kalo ditanya soal cita2, jawaban gw slalu berubah2. Pas TK, tiap ada yg nanya ‘kalo udah besar mo jadi apa?’ gw akan jawab ‘jadi guru TK’. Knp? Jawabannya simpel bgt, krn waktu itu guru TK gw baik bgt, sabar, pinter nyanyi dan cantik. Jadinya, sepanjang sejarah akademisi gw di TK, gw ngerasa image sbg guru TK adl keren. Krn itu gw slalu nyebutin dg bangga cita2 guru TK itu sampe gw lulus TK. Hmm, jawaban polos dan lugu ala anak kecil bgt ya!

Nah, pas SD beda lagi. Ini jaman2nya gw labil. Gw ga seyakin pas TK ttg cita2 gw. Tergantung sapa yg nanya. Kalo yg nanya dokter keluarga gw, gw jawab kalo gw pengen jadi dokter. Kalo yg nanya tmen ortu yg notabene adl guru, maka gw jawab cita2 gw adl guru. Kalo yg nanya tmen gw yg pinter, ranking 1 mulu di kelas, paling nyebelin sedunia tp gw suka (waktu itu loh ya), gw bilang gw pengen jadi rangers pink. Soalnya dia ngefans berat sama power rangers dan gw pikir, diantara rangers2 itu yg pink-lah yg paling cantik. Haha, masa2 itu.

Kalo pas SMP, gw udah mulai berpikir realistis utk menentukan cita2 gw. Jaman2 ini, gw mulai mempertimbangkan ke-bisa-an dan ke-tidakbisa-an gw sebelum menjawab pertanyaan ttg cita-cita ini. Karena itu, gw mencoba beberapa ekstrakulikuler yg berbeda utk mencari tahu dimana minat gw sebenernya. Kelas 1, gw ikutan pramuka. Krn ada kegiatan berkemah dan hiking. Utk tau apakah gw pencinta alam. Kelas 2, gw ikutan PMR utk tau apakah gw punya jiwa penolong yg lbh terhadap sesama. Dan krn ke-2 kegiatan di atas melibatkan urusan dg berbagai macam sandi, tali temali, tandu, dan tenda yg ga gw bisa sampe skg, gw memutuskan utk ikutan karate begitu naik kelas 3. Lumayan suka juga siy, sebelum ahirnya gw berenti gara2 muka gw babak belur pas latih tanding ujian kenaikan sabuk. Dan terpaksa bolos sekolah beberapa hari gara2 ini. Yah, pd ahirnya, sepanjang masa SMP ini, gw ga tau mo jawab apa kalo ditanya soal cita2.

Pas SMA, gw beneran pengen punya cita2. Stlh gw runut, tilik dan selidiki, tnyt diantara nilai2 gw yg biasa bgt itu, nilai kesenian gw adalah yg paling bgs. Ga baguuuusss amat siy, cuman lumayan bgs-lah kalo dibanding nilai fisika gw yg ‘Alhamdulillah’ bgt kalo bisa dpt di atas 6 dan ga kena remedial. Diantara macam2 kesenian ini, gw milih utk memperdalam seni lukis. Knp? Krn gw ga pede ikutan kelas drama dan krn ada kakak kelas gw yg cakep bgt yg ikut kls seni lukis juga (ihiy, bonus niy!). Dari sinilah, gw mulai nanya2 kira2 pekerjaan apa yg cocok buat masa depan gw dan ada hubungannya sama gambar menggambar. Dan ahirnya, diputuskan kalo gw mo jadi arsitektur. Tp sama spt cita2 gw yg lain, cita2 gw yg ini jg ga bertahan lama. Soalnya, gw dpt kabar buruk kalo mo jadi arsitektur, nilai fisika-nya hrs bgs. Ini cobaan yg berat buat org2 yg slalu hadir tiap kali kelas remedial fisika diadakan spt gw. Dunia memang kadang2 ga adil *cemberut*

Nah, stl gagal jd arsitektur, gw blm menyerah utk terus mencari tahu apa cita2 yg cocok buat gw. Waktu gw ke perpustakaan nemenin tmen, gw nemu buku ilmu pengetahuan populer. Ada yg tau ga? Bukunya tebel, sampulnya hardcopy warna ijo tua dan tiap halamannya berwarna. Gw baca yg seri luar angkasa. Dan gw langsung jatuh cinta. Semudah itu, ahirnya gw punya cita2 baru. Astronot.

Pas ujian masuk SPMB, gw udah berniat untuk milih jurusan astronomi di ITB. Sayangnya, gw ga dpt restu dr ortu. Katanya jurusan yg gw pilih, ga menjanjikan buat masa depan gw. Krn gw gagal meyakinkan mereka, sbg anak yg baik walau agak sedikit kesel, gw nurut deh. Gw sempet luntang lantung di Unpad sblm gw nyasar di STIS dan terdampar di BPS.

Liat kan, sepanjang hidup gw, gw sama sekali ga pernah merencanakan ‘pegawai BPS’ sbg cita2 gw. Gw bahkan ga ngerti apa itu BPS sebelumnya. Tp krn gw udah terdampar di sini, gw jadi berpikir, mungkin ini udah jodoh gw. Mungkin ini jalan terbaik yg Allah pilihkan buat gw. Jadi tugas gw adalah bekerja dg sebaik2nya.

*maaf ya Allah, kalo ahir2 ini hamba sering mengeluh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s