Petualangan Transit: Batam

Posted: June 9, 2011 in Yuks, Jalan!

Kali ini gw mo nyritain kunjungan singkat kami yang sangat berkesan ke salah satu pulau yang cukup terkenal di Provinsi Kepulauan Riau yaitu Batam. Walau bisa dibilang kunjungan kami ke pulau ini cukup singkat, namun pulau ini sangat mengesankan. Buat gw pribadi, pulau ini bisa mengobati kerinduan gw akan pantai, hal yg ga gw temui di Riau, tempat gw berdomisili skg (semoga, sementara aja hehe).

Begitu kami tiba di bandara Hang Nadim, kami langsung disambut dengan keramahan khas daerah Batam. Jangan takut hilang atau nyasar deh disini. Karena pamflet dan brosur wisata bisa ditemui dimana-mana. Warga setempat juga ga segan2 memberikan informasi yg qt butuhkan.

Dari bandara kami naek taksi menuju salah satu hotel yg direkomendasikan oleh teman yg kebetulan kerja di sini. Sepanjang perjalanan itu kami bercakap2 dg supir taksi-nya. Setelah dibujuk dan dirayu sedemikian rupa, si bapak bersedia nganterin qt muter2 seharian, menunjukkan tempat wisata di pulau ini.

Oke, qt review dari tempat pertama yg kami kunjungi!

Jembatan Barelang

Ada yang bilang, ga sah kalo ke Batam tapi ga poto2 di jembatan ini, dengan kata lain kenangan berpoto dengan latar belakang Jembatan Barelang adalah tanda sah kalo qt dah pernah nyampe Batam. Menurut si bapak, jembatan ini terdiri dr beberapa rangkaian jembatan yg menghubungkan pulau2 di Batam. Poto2 kami di bawah ini bersetting di salah 1 jembatan dg pemandangan paling indah menurut kami. Cekidot!

Tempat makan seafood tak bernama

Hehe, maap. Info perjalanan-nya jadi berkurang gara2 kami sama sekali lupa nama tempat makan ini. Padahal tempatnya sgt direkomendasikan loh buat para pecinta seafood. Huhu, sayang sekali.

Di sini qt bisa memilih ikan segar, kepiting, udang, gong-gong (sejenis bekicot laut gtu. Krn ga da yg tega makannya, kami ga mesen makanan ini), dan teman2 laut lainnya langsung dari laut. Fresh!

Sambil nungguin makanan dimasak, qt bisa menikmati pemandangan laut. Ditemenin semilir angin yg bikin ngantuk plus matahari yg terik2 menggoda gtu. Belum lagi suara debur ombaknya. Uhuy, perpaduan sempurna bgt! Subhanallah…

 

Camp pengungsian Vietnam di Pulau Galang

Untuk sampai di Pulau Galang, kita harus melewati lima Pulau dan lima Jembatan. Yah, salah satu jembatan yg qt lewati itu adalah Jembatan Barelang, yg di atas.

Kata cerita si bapak lagi, Pulau Galang atau warga di sini juga sering menyebutnya dengan Kampung Vietnam, adalah sebuah pulau yang diperuntukan bagi pengungsi Vietnam untuk mencari perlindungan atau suaka pasca terjadinya konflik internal (antara Vietnam Utara dengan Vietnam Selatan) di negara tersebut, sekitar tahun 1979. Demi alasan keamanan, maka ratusan ribu penduduk Vietnam Selatan mengungsi keluar Vietnam dengan menggunakan perahu. Yah, gitu deh kurang lebih. Ini sebagian copast dr om google juga siy (ngaku!)

Pantai Melur

Pantai ini sangat wajib masuk daftar kunjungan wisata di Pulau Batam karena pasir putihnya serta panorama lautnya yang luas, bersih dan bening.

Dipantai ini anda bisa banyak melakukan aktifitas, misal berenang dan bermain air laut diselingi mencari ikan ikan kecil serta binatang lautnya akan menambah daya tarik tersendiri bagi anda yang melakukan liburan di pantai ini. Selain sebagai tempat bercengkerama, pantai Melur ini bisa juga untuk beraktifitas olahraga ringan seperti voli pantai, sepakbola pantai dan sejenisnya.

Sayangnya, kami nyampe tempat ini udah kemaleman. Jadi Cuma sempet maen2 sebentar dan poto2.

Yah, itulah pengalaman kami selama 1 hari transit di pulau Batam. Intinya, Batam sangat di rekomendasikan buat para pencinta wisata pantai dan seafood. Hmmm…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s