Jangan takut mencoba

Posted: May 18, 2011 in Uncategorized

Kejadian kali ini gw kutip dr kisah nyata gw sendiri. Wkt itu gw msh jd pegawai magang d BPS pusat (br lulus, msh imut2, polos, dan g ngerti apa2). Critany, pd suatu hari yg cerah ceria, kami (sesama pegawai magang)  yg pd ngumpul d subdit polkam, d suruh ikutan rapat. Wuh, seneng bgt rasany. Rapat pertama kami sbg karyawan (walo msh karyawan boongan). Peralatan perang buat rapat jg udah komplit bgt, pena, note, sepasang telinga buat ngedengerin, dan jiwa2 muda penuh semangat. Ceilah, lebay deh!

Rapatny sendiri berlangsung cukup alot. Smua org kyany berebut buat nyampein pendapat mrk. Gw kagum bgt ngeliat cara kerja yg kya gini (hal yg nantiny bakalan gw kangenin bgt!). G asal nrimo. G takut buat nyampein pendapat. Kreatip. Bersaing sehat. Smua hal yg tadiny cm gw tau dr teori, ahirny bs gw saksikan scr live. Keren!

Nah, pas d tengah2 rapat itu, kasubdit gw (sebut aja Mr.X), natap kearah kami, trus bilang: ’Kalian jg anggota rapat loh. Klo ada yg mo d sampaikan, sampaikan aja y!’ uh, makin berbunga2 deh hati gw. Tnyt kami bner2 d anggep d sini. G cuma sekedar jd anak magang yg terpaksa mereka terima d subdit mrk. Tp kami bneran d anggap jd bagian dr subdit n d ajarin mcm2.

Yg bikin hati makin ‘nyes’ gtu, adl d ahir rpt d putuskan klo kami akan d libatkan scr langsung dlm proyek ini. Kami akan d tugaskan sbg tenaga lapangan yg bertugas ngumpulin data dr mcm2 tempat. Ada yg ke dephub, dishub DKI, PO Kramat Jati, Gaikindo, dan Samsat (You know what? Gw msh nyimpen note rapatny loh!)

Wudih, kami yg msh buta sm skali ini tau2 dpt tugas kya gini? Ke lapangan bneran aja blm pernah. Malah d suruh k tempat2 g lazim kya gitu. Mungkin Mr X ngebaca gelagat ke-tidak yakin-an kami akan kemampuan kami sendiri, jdny beliau bilang kya gini: ‘saya tau kalian blm pernah terjun langsung k lapangan. Mungkin ada rasa takut atau g pede. Tp ini namany proses pembelajaran. Slalu ada yg namany pengalaman pertama. Intiny jgn takut mencoba. Klo g nyoba skg, kpn lagi? Blm tentu bsk2 kalian dpt kesempatan buat nyoba lg.’

Sampai skg, Mr X ini mungkin g pernah tau klo kalimat yg d ucapkanny pd hari itu, terus jd quote favorit gw.

This note is dedicated to my fave boss: Pak Wien Kusdiatmono yg skg udah jd Kepala BPS Kabupaten Gorontalo. Tengkyu, Sir!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s