Who Am I? Im BPS’s Girl

Posted: March 4, 2011 in Uncategorized

Tulisan kali ini terisnpirasi dr hasil cetingan gw ber-abad2 yg lalu dg seorg teman yg ngakuny berdomisili di Bangladesh. Entah knp tiba2 gw keingetan gitu sm cetingan ini (cetinganny loh, bukan orangny!)

Jadi begini critany sodara2,

Pada jaman dahulu kala, ada suatu masa dimana gw tersesat dan ahirny kecanduan slh 1 maenan ceting yg namany mig33 (kurang lbh mirip miRc gtu deh!). Buat yg g tau jenis maenan ini, biar gw jelasin dikit kondef-ny. Buat yg udah tau, yah terpaksa mesti baca penjelasan gw jg. Suruh sapa lo tau duluan? Hehe..

Utk bs make maenan ini, lo mesti tergabung dg komunitas-ny dulu. Punya akun n password (samalah kya fesbuk n maenan2 online laenny). Klo pas jaman gw dulu, daftar-ny mesti via mobile phone dg cara ngirim sms. G bs daftar online melalui situs resmi-ny. G tau knp ada diskriminasi kya gini. Apa si-mig ini menjalin simbiosis mutualisme dg operator telpon? Entahlah, itu g penting. Kpn2 klo gw nganggep itu penting, br gw bahas dg lbh detail n njlimet. Nah, klo udah pny akun, br deh lo bs sign in n mulai ceting scr online (pke hape or pc jg bs). Abis itu tinggal milih, lo mo gabung d chat room yg mn. Ada yg lokal n interlokal (hehe, kok jd kya fasilitas wartel gini yah?)

Krn gw mo skalian ngelatih kemampuan ber-bhs inggris gw, seringny gw gabung k kamar LN (bukan krn g cinta produk dlm negri loh!). Dan d sinilah gw berjumpa dg si pencetus ide BPS’s girl itu (not in literally!)

Spt makhluk2 maya laenny, kami memulai percakapan dg sapaan standar internasional: Hi! Dan berlanjut k pertanyaan2 berikutny. Mulai dr nama, jenis kelamin, umur, asal, pekerjaan (huah, br nyadar gw, kok formatny persis dokumen VSEN1.LK blok IV A gini y?). Jujur aja, percakapan kami dr awal emang udah rada2 g nyambung siy. Klo bhs Inggris gw bs ngebuat kuping org Inggris berdarah2 krn keseringan d garuk dngerin omongan gw yg g jelas, nah bhs Inggris-ny si org Bangladesh ini mlh lbh alakazam. *bukanny sombong, tp coba aja lo ng-Inggris sm org Bangladesh yg ada d chat room, pasti lo bakalan ngrasa klo lo pnah tinggal d Inggris puluhan tahun*

Nah, pas ngomongin kerjaan inilah kata2 d atas muncul. Gw susah bgt buat ngejelasin k dy klo gw tuh PNS d BPS. Kurang lbh spt inilah percakapan kami kala itu:

Gw: im a civil servant (maksut gw, gw adl PNS)

Bule Bangladesh (BB): oh, so you a servant?

(tenses acakadut, tp gw ngerti maksutny. Sialan, gw d kira pembantu!!!!)

Gw: No, no. Im working for a government. In a department called BPS (msh sabar ngejelasin)

BB: oooooo, I see!

Gw: *kirim emoticon senyum* (speechless, g yakin dy ngerti bneran)

BB: So you BPS girl

Gw: *buru2 sign out*

 

Stlh d kira pembantu, ujung2ny dy ngira gw pacarny BPS. Woooii, BPS’s workers kaleee. Haha, nasib. Maksut hati mo memperlancar bhs Inggris, yg ada klo terus2an gini, bs2 nilai TOEFL gw nol bulet. Stlh berkali2 mengalami nasib serupa, terlibat obrolan yg g nyambung, gw memilih buat udahan maen2 d mig. Insap!

 

Yah, g skali itu aja gw ngalamin kesulitan buat mendefinisikan pekerjaan gw. Ahir2 ini gw jd maklum sm si BB, knp dy bs g kenal sm BPS. Jangankan org LN, org DN (dlm negri maksutny) aja pada kebingungan setiap gw ksh tau klo gw gawe d BPS. Omaigot! Segitu g populerny-kah tempat gw mengais2 sesuap nasi dan sebongkah berlian ini?

 

Misalny, pas gw msh baru2 penempatan d kabupaten pelosok. Ada peraturan tdk tertulis klo kami, si anak baru hrs turun k lapangan buat ngerasain sensasi kerja d luar kantor (sampe skg msh k lapangan jg siy). Kerjaan d lapangan ini identik dg nyacah, nanyain pertanyaan2 yg udah tersedia d dokumen k bbrp org yg dg sial-ny terpilih sbg responden. Tata karma-ny kami hrs ngenalin diri dulu sblm mulai nyacah. Krn g mungkin bgt kan bgitu masuk k rmh org, tau2 langsung nanya mcm2 (yg ada lo mlh d usir ntar).

 

Awalny gw ngejelasin k mereka klo gw adalah pegawai BPS Kabupaten. Tp mereka malah slh paham krn cm nge-denger ‘kabupaten’-ny doang. Jadiny mereka curhat-lah klo g dpt jatah raskin n minta bantuan k gw. Salah alamat bgt kan! Bantuan apa coba yg bs gw kasih? Selain senyuman manis n kata2 jitu gw berikutny: “Bukan bu, saya bukan dr pemda. Tp dr BPS. Kantor statistik. Itu loh bu, yg suka ngadain sensus”. Dan mereka br mudeng!

 

Heranny, kejadian ini g cm terjadi sekali. Tp hampir d tiap rumah yg jd responden, g cukup klo gw cm bilang ‘saya dr BPS Kabupaten’. Oh, no! Knp bs begini? Apakah krn BPS g bakat ngartis? Apakah krn kurangny promosi dan iklan? Apakah krn BPS krg d gosipin?

Ayo dong, kasih solusi biar BPS d kenal, at least buat rakyat Indonesia sendiri. Biar petugas lapangan aka KSK qt g perlu berbusa ngejelasin panjang lebar tiap kali mereka mo nge-wawancara-in responden. Bayangin aja, brp rmh tangga yg jd responden tiap tahun dg adany survey rutin, survey dadakan, dan pendataan lainny? Belum lg klo ada sensus. Huuuah!

 

*curhatan seorang petugas yg kerjaanny mondar mandir k lapangan!

Comments
  1. reana says:

    Eh gw juga pernah chat ama orang india tapi ngakunya dari saudi. Yaa bahasa inggrisnya lebih payah dari gw…doh doh udah gitu ngotot minta no hp gw. Buat apa coba?

    Yaaa coba lu ngiklan kek keliling desa seluruh nusantara… Terkenal kali ye mendadak? hehe just kidding no offense😀

  2. aprikuma says:

    hihi… ide bgs tuh!
    gw mo aja d suruh keliling nusantara, asal d bayarin. Jadi duta BPS gtu kan?

Leave a Reply

